RPP 1 Lembar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kelas XI dan XII SMK

https://hademultikarya.blogspot.com/

Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian. Dalam rangka membantu para rekan guru berikut ini saya bagikan contoh RPP 1 Lembar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kelas XI dan XII SMK versi Bapak Menteri Nadim Makarim atau yang lebih viral lagi di sebut RPP merdeka belajar.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMK N
Mata Pelajaran : Pengolahan dan Penyajian Makanan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 7 x 45 menit
Materi Pokok : Kaldu (Stock)
Pertemuan Ke : 1

1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu : Menjelaskan kaldu (Stock), Menentukan alat yang digunakan untuk membuat kaldu (Stock), Menghitung bahan yang digunakan untuk membuat kaldu (stock), Menentukan prosedur pembuatan kaldu (stock), Menentukan kriteria hasil kaldu (stock), Menganalisis masalah pada pembuatan kaldu (stock) serta mampu Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kaldu (stock) dan Membuat kaldu (stock) sesuai dengan prosedur, kriteria hasil, keselamatan kerja, dan hygiene makanan dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan

b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks

Orientasi Peserta didik pada masalah
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pengertian, Fungsi dan Bahan Dasar dalam Pembuatan Kaldu (Stock)
Mengorganisasi peserta didik
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Pengertian, Fungsi dan Bahan Dasar dalam Pembuatan Kaldu (Stock)
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Pengertian, Fungsi dan Bahan Dasar dalam Pembuatan Kaldu (Stock)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Pengertian, Fungsi dan Bahan Dasar dalam Pembuatan Kaldu (Stock)
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Pengertian, Fungsi dan Bahan Dasar dalam Pembuatan Kaldu (Stock)
c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

3. Penilaian
Terlampir

a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.

Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kelas XI dan XII SMK silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Pengolahan dan Penyajian Makanan SMK dan RPP 1 Lembar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kelas XI dan XII SMK silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-5050-4500

1 Komentar untuk "RPP 1 Lembar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kelas XI dan XII SMK"

  1. How to download the Android APK from Dr.Mcd
    To download the latest version 충청북도 출장마사지 of the APK file, you 서귀포 출장샵 need to open a fresh, clean and unzipped version. If 안동 출장샵 your device doesn't boot, you can 의왕 출장안마 do so by simply 동해 출장마사지

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel