RPP 1 Halaman Al-Qur’an Hadis Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2020

https://hademultikarya.blogspot.com/
RPP 1 Halaman Al-Qur’an Hadis Kelas X2 MA Kurikulum 2013 Revisi 2020
RPP 1 Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas XII MA Sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Materi Pokok : Membudayakan Hidup Sederhana dan Menyantuni Dhu`Afa
Pertemuan Ke : 1


1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu : menjelaskan ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para Dhu`afâ’, membaca dan menghafal ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para Dhu`afâ’, menterjemahkan ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para Dhu`afâ’ serta mampu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para Dhu`afâ’ dalam kehidupan sehari-hari dan mempengaruhi orang lain untuk mengamalkan ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para Dhu`afâ’ dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan

b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks

Orientasi Peserta didik pada masalah
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Memahami Hakikat Hidup Sederhana Q.S. al-Furqan [25]: 67 Q.S. al-Isra [17]: 29-30
Mengorganisasi peserta didik
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Memahami Hakikat Hidup Sederhana Q.S. al-Furqan [25]: 67 Q.S. al-Isra [17]: 29-30
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Memahami Hakikat Hidup Sederhana Q.S. al-Furqan [25]: 67 Q.S. al-Isra [17]: 29-30
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Memahami Hakikat Hidup Sederhana Q.S. al-Furqan [25]: 67 Q.S. al-Isra [17]: 29-30
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Memahami Hakikat Hidup Sederhana Q.S. al-Furqan [25]: 67 Q.S. al-Isra [17]: 29-30
c. Kegiatan penutup1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan.
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

3. Penilaian
Terlampir

a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.

Dalam rangka membantu para rekan guru dalam membuat dan menyusun RPP 1 Lembar atau 1 Halaman berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas XII MA
Untuk mendapatkan contoh RPP 1 Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas XII MA silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Al-Qur’an Hadis dan RPP 1 Lembarnya silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 081350504500

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Halaman Al-Qur’an Hadis Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel